Nilai - Nilai Trilogy Nusa Putra, Program Studi & alasan Memilih Prodi Studi, dan Posting keseharian dan Pengalaman Mabim



Hallo teman-teman,



Perkenalkan nama saya Mega Triyanita. umur saya 28 tahun saya lulusan SMK Yasidik Tahun 2012 dan saat ini saya sedang bekerja di salah satu Perusahaan swasta yang bergerak di bidang  industri Garment yang berada di Sukabumi selama 10 tahun terakhir dan Allhamdulillah di tahun ini Allah mengabulkan salah satu dari doa saya yaitu ingin melanjutkan kembali pendidikan yang sudah lama tertunda, karena bagi saya usia bukanlah keterbatasan untuk kita tetap mencari ilmu dan menggali potensi apa yang ada di dalam diri kita untuk terus dan terus belajar.  Pada bulan Oktober 2021 lalu saya mencoba mendaftarkan diri saya pada penerimaan mahasiswa baru gelombang satu melalui jalur test dan pilihan kuliah saya pada saat itu adalah blanded learning sabtu dan mengambil fakultas bisnis & humaniora prodi management, dan alhamdulillah saya lolos dan diterima di prodi ini. 

setelah saya baca-baca di website ternyata kampus Nusa Putra memililiki trilogy yang  sangat luas maknanya untuk kehidupan saya ada Amor Deus (cinta kasih Tuhan), Amor Parentius (Cinta Kasih Orang Tua) dan Amor Conservis ( Cinta dan kasih sayang sesama) dari trilogi tersebut mari kita bahas satu persatu dibawah ini ya : 

AMOR DEUS


Amor Deus artinya adalah cinta dan kasih Tuhan. sebagai anugrah cinta dan kasih untuk tetap menjalankan syariat agama, beragama merupakan suatu kebutuhan dan cinta kita kepada Tuhan bukan lagi sebagai kewajiban. bagi saya trilogy ini sangat luas maknanya, karena sesuai dengan sila pertama yaitu ketuhanan yang Maha Esa.
Saya sebagai seorang Pekerja dan Mahasiswa yang beragama islam, nilai-nilai ini sangatlah penting untuk kita terapkan di kehidupan sehari-hari, karena cinta dan kasih Tuhan merupakan suatu kebutuhan yang Amat sangat penting, sebagai manusia yang mempunyai banyak kekurangan, keterbatasan, Tuhan selalu menjadi penolong dan menjadi sandaran untuk setiap umatnya. senang maupun sedih, sakit maupun sehat selalu libatkan Tuhan dalam kondisi apapun bahkan disaat kita berada di titik terendah jangan pernah meninggalkan atau melupakannya karena Tuhan hanya satu-satunya penolong umatnya 


AMOR PARENTIUM 

Amor Parentium artinya Cinta Kasih Orang Tua. sebagai kekuatan insan Nusa Putra untuk menjaga ajaran dan nilai-nilai luhur rasul, leluhur, kedua orangtua, dan guru-guru serta orang-orang sholeh sebelum kita. Nilai kedua ini juga sangat penting, kalau bukan karena bantuan dan dukungan dari mereka apa kita sekarang? siapa yang akan di jadikan tuntunan kita ? kalau bukan mereka. terlebih orang tua. 
saya sendiri merupakan sebagai seorang Pekerja dan Mahasiswa merasa bukan siapa- bukan apa-apa tanpa ada bantuan support dari mereka, doa mereka itu sangat Amat di dengar oleh Tuhan, mereka adalah panutan serta selalu menuntun kita untuk kearah yang lebih baik yang lebih positif.

AMOR CONSERVIS 

Amor Conservis artinya cinta dan kasih sayang sesama. sebagai pengikat insan Nusa Putra untuk menjalani hidup berdampingan secara damai, dalam menyikapi setiap perbedaan, karena Tuhan berkehendak atas adanya perbadaan itu sendiri. nilai ketiga ini tak kalah penting, setiap manusia diciptakan berbeda-beda mulai dari ras, suku, agama dań budaya, tugas kita sebagai umat manusia adalah saling menghargai dan saling menyayangi sehingga tumbuh perasaan untuk tidak saling menyakiti satu sama lain. 
dimata Tuhan kita semua sama tidak ada yang di beda-bedakan, hidup rukun bersama tetangga bersama semua teman beda daerah, suku, agama, budaya, Bahasa, memperbanyak sodara, mendalami karakteristik, peran social antar negara dan daerah, saling menghargai, menghormati dan menyayangi satu sama lain.



 


"PROGRAM STUDI DAN ALASAN MEMILIH PRODI MANAGEMENT"

 
Membahas tentang program studi Manajemen di Nusa Putra bertujuan untuk mengembangkan keahlian analitis yang mendalam untuk karir yang berjalan lama dan sukses di sektor manajemen dan bisnis yang berkembang pesat pada saat ini. pendidikan sarjana manajemen berfokus pada keterampilan dunia nyata untuk penerapan kemampuan manajemen secara strategis yang dikombinasikan dengan teknologi informasi dan pengenalan karakter dalam memberikan kesiapan mahasiswa untuk bersaing secara global. 

Program studi Manajemen bertujuan untuk memberikan gelar yang diakui secara nasional dan internasional dalam bidang manajemen dan bisnis untuk menghasilkan keterampilan manajemen fungsional, semangat kewirausahaan yang kuat, keterampilan kepemimpinan teladan, komiten tinggi terhadap pengajaran, pengetahuan dan keunggulan, dan inovatif, bertanggung jawab secara social, dan pemain tim yang baik yang nasionalis, namun global pada pandangan dan prilaku 


"VISI & MISI NUSA PUTRA UNTUK PRODI MANAJEMEN" 


VISI

Menjadi Program Studi yang unggul melampau standar nasional pada tahun 2028 dan kelas dunia pada tahun 2043 dibidang prodi Manajemen dan bisnis yang tangoing sebagai ujung tombak untuk menghasilkan sumberdaya, yang cerdas, kreatif, dan inovatif dan religius. 

MISI 

  1. Mengajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, dalam bidang manajemen dan bisnis, melalui pendidikan, pengajaran, yang unggul dan bermutu tinggi 
  2. Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen dan bisnis, melalui pengkajian, penelitian, publikasi dan pematenan hasil penilitan yang unggul dan bermutu tinggi 
  3. Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang manajemen dan bisnis yang dapat menjawab masalah dan tantangan masyarakat yang unggul dan bermutu tinggi. 
  4. melaksanakan penjaringan dan kerjasama pada level nasional dan internasional dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi 
  5. Mengembangkan organisasi program studi yang tangguh dan inovatif dalam memanfaatkan potensi dan sumber daya secara optimal sehingga dapat andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. 

secara umum hal-hal yang akan kita pelajari pada program studi ini diantaranya ada:  pengantar ekonomi makro, pengantar bisnis, matematika bisnis, statistika bisnis, akuntansi keuangan dasar, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, sistem informasi manajemen, penganggaran bisnis, perilaku organisasi dan lain-lain. menurut saya pribadi ada beberapa kelebihan mengambil prodi Manajemen antara lain :

  • Membentuk pribadi yang ulet dan teliti 
  • Mampu membuat berkomunikasi dengan baik / asertif
  • Dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan analisis 
  • Memiliki sikap kepemimpinan 
  • Membentuk jiwa wirausaha yang lebih kompeten   


Adapun Prospek kerja jurusan manajemen yaitu kita berkesempatan menjadi Dosen, Konsultan Bisnis, Ahli Perbankan, Ahli Pemasaran, Ahli SDM, Konsultan Financial, Enterpreneur dan lain-lain. 

Alasan saya mengambil Jurusan Manajemen adalah :

  • Ruang Lingkup Pekerjaan saya ada di Sistem Manajemen 
  • Saya paham akan praktek tapi kurang menguasai teori - terori 
  • Prosepek Kerja yang luas 
  • Menambah pengalaman hidup jadi Mahasiswa Nusa Putra tahun ajaran 2022 
  • Menambah gelar jadi Mega Triyanita S.M 
  • Ingin Mempunyai jaringan yang luas tentang Bisnis. 
  • Ingin menciptakan lapangan pekerjaan untuk jutaan orang (semoga tercapai) amiin 

sumber : https://nusaputra.ac.id/akademik/fakultas-bisnis-dan-humaniora/manajemen/


"PENGALAMAN PERTAMA MABIM (MASA BIMBINGAN)"

Pengalaman pertama Masa Bimbingan atau yang sering kita sebut dengan istilah "mabim"  cukup unik ya teman, jujur pertama kalinya dalam hidup saya ikut Mabim dan pertama kalinya juga dalam hidup saya teman-teman seangkatan saya usianya kali ini 10 tahun lebih muda tapi usia bukanlah tolak ukur dan menjadi hambatan ya.  hari pertama ikut mabim itu setelah pulang dari tugas dan tanggung jawab saya sebagai salah satu karyawan swasata, tepat pada pukul 19:00 WIB mentor share link youtobe untuk saya lihat dikarenakan saya mengambil kelas blended learning sabtu prosess Mabim saya jadi tidak di wajibkan ikut offline seperti teman-teman kelas regular.  materi yang disampaikan oleh pemateripun cukup dapat dipahami oleh saya dan tugas untuk maba online adalah  harus meresume kegiatan maba yang telah dilaksanakan pada pagi hari, dan dikirim pada saat pengisian absensi dan harus menyertakan bukti photo kalo kita menonton kegiatan yang sudah di share melalui link youtobe tersebut. gimana menurut teman-teman cukup memudahkan bukan? Nusa Putra tidak menyulitkan kegiatan apapun untuk mahasiswanya apalagi untuk mahasiswa yang kuliahnya sambil bekerja cara ini sangat cukup efektif ditambah dengan mentor-mentor yang super baik kegiatan Maba Nusa Puta ini akan sangat berjalan dengan sangat cukup kondusif dan efektif saya sebeagai Maba sangat enjoy untuk kegiatan ini. 

Inilah pengalaman pertama saya membuat tugas blog memposting tentang nilai-nilai Trilogy Nusa Putra, memposting mengenai program studi yang saya pilih dan membuat postingan pengalaman mabim pertama saya. dan mungkin kedepannya akan ada banyak pengalaman lagi yang akan saya dapatkan dari universitas ini. saya bangga menjadi Geniusan Generasi Nusa Putra Brilian berilmu dan beriman. semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi dengan menerapkan nila-nilai dari Trilogy Nusa Putra yaitu cinta kasih kepada Tuhan, Cinta Kasih Kepad Orang tua dan Cinta kasih Kepada Sesama.  

"Masa depanmu ditentukan oleh pilihan yang kamu lakukan saat ini"



Komentar

  1. Amor conservis
    Sudah jarang terlihat di sekitar kita ( Budaya )
    Bahkan untuk saat ini banyak hilang adab dari pda anak²
    Contoh saat ada org tua yg sdg duduk di pinggir jalan
    Sudah jarang terlihat ada anak muda mengatakan kata permisi

    BalasHapus

Posting Komentar